RSS

Rabu, 16 Desember 2009

You see. You Judge.


Don’t judge a book just from it’s cover. We really really often hear that quotation, right? Benar-benar ungkapan yang sangat 'semua orang tau' dan basi, tetapi sangat sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.


Ketika melihat seseorang/sesuatu, otak kita akan selalu segera membentuk suatu persepsi sesuai dengan penglihatan kita tersebut. Tanpa sadar kita sudah menjudge berdasarkan sesuatu yang terlihat itu. Entah itu hal yang positif ataupun negatif. Ayo jujur-jujuran… Iya kaan?? Ngaku dehh… Ahh, ngaku aja dehh… Masih nggak mau ngaku??!!! Ngaku nggak!!! Hahahaha…


Yak, setidaknya gw adalah satu dari sekian banyak orang yang selalu mengalami hal ini. Hal ini memang terjadi dengan begitu saja dan sangat natural. Gw rasa ini bukan hal yang salah. Namun, alangkah sangat baiknya bila kita menguji lagi persepsi itu lagi. Lagi dan lagi. Cobalah untuk terbuka dan menyingkirkan semua persepsi awal kita itu untuk dapat mengujinya secara objektif. *Ngomong apa sih gw?*


Ini adalah salah satu contoh pengalaman saya. Waktu itu gw dan teman-teman menonton sebuah film indie berjudul “Identitas” dalam sebuah acara screening dan diskusi film yang diselenggarakan di kampus. Pas kita datang, panitia masih menyiapkan tempat. Eh, kita lihat ada Leony, papanya Leony, dan seorang mas mas lagi nongkrong bersama. Kita berinisiatif foto bareng Leony. Maklumlah, orang katrok kalau lihat artis pasti pengennya foto bareng. Biar bisa pamer ama temen-temen gitu loh (Nggak bangget!). Hihihi. Maksudnya sih, mau pamer ama bokap, secara dia tuh demen banget sama Leony. Jangan-jangan bokap gw dulu ngefans ama Trio Kwek Kwek? Hmm, perlu ditanyakan nih kepada beliau! Hahaha..


Waktu kita mau foto bareng, si mas mas yang agak-agak kucel itu bilang, “Fotonya di depan poster Identitas dong..” Gw dan temen-temen nggak gubris. Bukannya sombong sih, tapi emang lagi fokus ama kamera. Maklumlah, kita kan banci kamera. Hahaha. Nahh, pas diskusi film, baru diperkenalkan ternyata si mas mas itu adalah Sang Sutradara “Identitas”. His name is Aria Kusumadewa. Walah walahhh, persepsi awal gw runtuh bertubi-tubi, semakin kecil menjadi berkeping-keping, menjadi debu, dan akhirnya terbang terbawa angin!! *ih apa sih geje banget deh gw!*.. Yahh, intinya, persepsi awal gw itu salah besar! Yaaah, gw nggak nyangka aja si mas mas ini tuh sutradara! Nggak nampang sih kalo gw bilang. Walaupun gw tahu sih yah, seniman itu biasanya berantakan dan kucel, tapi yah gw nggak kepikiran aja dia sutradara! Gw kira mah supir! *semoga aja Om Aria nggak baca tulisan gw ini yah, kalaupun baca, Peace Om!” Btw, gw mau ngucapin selamat buat Om Aria atas piala citranya sebagai sutradara terbaik. Juga untuk film “Identitas” yang mendapat penghargaan sebagai film terbaik. Film indie emang banyak yang oke oke banget. Totalitas banget! Kewl!


Yahh, itulah sedikit pengalaman gw. Teman-teman pasti punya cerita juga kan? You see. You judge. No problem but don’t make it’s a final perception. You might be wrong xD

0 komentar:

Posting Komentar